Proses Pembuatan Kopi Gayo Arabika di Aceh Tengah

Proses Pembuatan Kopi Gayo Arabika di Aceh Tengah

Dokumentasi Dinas Penanaman Modal & PTSP Aceh

*Disclaimer: Copyright material

===Proses pengolahan biji kopi===

Pengolahan Kopi Biji (Kopi Tanduk) menjadi Kopi Bubuk Arabika

Pengupasan Kulit Ari (Kulit Tanduk)
Pemisahan ini bertujuan untuk memisahkan biji kopi yang sudah kering dari kulit tanduk dan kulit ari. Proses ini bisa kita kerjakan dengan manual atau agar hasil yang didapat lebih optimal bisa dengan menggunakan mesin pengupas biji kopi.

Sortasi Biji Cacat
Tahap ini dilakukan dengan tujuan untuk membersihkan kopi dari kopi berkulit tanduk dan juga dari kotoran seperti pasir, kerikil, ataupun kotoran lainnya yang masih menempel.

Penyangraian
Nah, kunci dari pengolahan kopi bubuk itu terletak pada proses penyangraiannya. Pernyangraian ini bertujuan untuk mendapatkan biji kopi yang berwarna cokelat kehitaman. Proses penyangraian ini bisa dilakukan dengan cara yang cukup sederhana, yaitu dengan menggunakan wajan penggoreng dengan api sedang. Selanjutnya kopi didinginkan dan dihamparkan pada sebuah tampi dan dibiarkan sampai kopi benar-benar dingin.

Penggilingan Pertama
Setelah biji kopi sudah menjadi dingin, langkah selanjutnya yaitu penggilingan, proses penggilingan ini bertujuan untuk mendapatkan bubuk kopi, bisa dilakukan dengan menggunakan mesin penggiling biji kopi.

Penggilingan Kedua
Penggilingan biji kopi yang kedua ini bertujuan agar bubuk kopi yang dihasilkan bisa menjadi lebih halus secara sempurna. Penggilingan yang kedua ini bisa dilakukan dengan menggunakan mesin yang sama.

Pengayakan
Pengayakan kopi dilakukan untuk menyaring kopi bubuk yang telah digiling oleh mesin. Pengayakan dilakukan menggunakan ayakan manual terbuat dari plastik.

Untuk mendapat hasil pengolahan yang optimal. Proses pengolahan kopi bubuk sebaiknya dilakukan secara kelompok. Unit produksinya diharapkan menjadi salah satu bagian integral dari kegiatan pengolahan produk primernya sehingga pasakon bahan baku terjamin.

Nah, caranya cukup praktis kan? Demikian informasi singkat mengenai Pengolahan Kopi Biji (Kopi Tanduk) menjadi Kopi Bubuk Arabika. Semoga ini bisa menjadi referensi bagi kalian jika ingin memproduksi kopi bubuk arabika buatan kalian sendiri. Selamat mencoba dan terima kasih.

Recommended


Healthy Coffee Baking Recipes

Coffee Roasting Tips

Healthy Coffee Baking Recipes

Bean Roasting Techniques